Rabu, 31 Maret 2010

Penyakit Utama Penyebab Kematian Udang

Posted on 15.39 by BelajarTI

Penyakit bisa didefinisikan sebagai ketidaknormalan fungsi sebagian atau seluruh organ tubuh karena adanya gangguan faktor abiotik/non-infectious disease (kualitas air, makanan dan lainnya) dan faktor biotik/infectoius disease (organisme penyebab penyakit atau patogen).

Beberapa penyakit udang yang sering ditemukan dapat disebabkan oleh patogen virus, bakteri, parasit ataupun jamur.

1. Penyakit udang gripis/penyakit bercak coklat putih pada cangkang
Penyebab : Jenis bakteri Vibrio sp., Pseudomonas sp., Myxobacterium sp., dan Flavobacterium sp.
Gejala Klinis : Warna tubuh putih kecoklatan, karapas, kaki jalan, kaki renang dan ekor udang mengalami kerontokan, lemah dan nafsu makan berkurang.
Penanggulangan :
• Penanggulangan dilakukan dengan memperbaiki mutu air, pengaturan pakan dan pengaturan padat penebaran yang sesuai kondisi lahan. Dapat pula dengan memberi antibiotika melalui percampuran dengan telur ayam atau telur bebek mentah dengan perbandingan 1 butir telur untuk 10 kg pakan. Campuran telur dan antibiotika diaduk dengan pakan dan dikeringkan ditempat yang teduh lalu ditebar ke dalam tambak.
• Dosis yang digunakan untuk penggunaan antibiotika : Terramycin 30 mg/kg pakan, Erythromycin 40 mg/kg pakan, Oxytetracyclin 40-50 mg/kg pakan, Furanace 100 mg/kg pakan.
• Pemberian antibiotika dalam pakan dilakukan terus-menerus selama 3 hingga 5 hari, kecuali untuk Furanace diberikan selama 14 hari.

2. Penyakit bercak putih (White Spot Disease)
Penyebab : Virus SEMBV (Systemic Ectodermal and Mesodermal Baculo Virus)
Gejala Klinis : Udang yang sakit tampak lemah dan berenang ke pematang tambak, usus kosong, tubuh pucat atau berwarna kemerah-merahan dan kadang-kadang ditempeli organisme penempel. Gejala khas berupa bercak putih dengan diameter 1-2 mm, mula-mula terlihat dibagian karapas dan bila sudah parah bercak putih menyebar ke seluruh bagian tubuh.
Penanggulangan : Belum ada obat yang efektif untuk penyakit viral (penyakit kepala kuning maupun bercak puih). Tindak pencegahan adalah langkah yang paling tepat. Upaya penanggulangan dapat dilakukan dengan mengganti air secara rutin setiap hari minimal 5% dari total volume air tambak, penggunaan pakan harus dipantau secara ketat agar tidak menimbulkan penimbunan sisa pakan yang menyebabkan pembusukan, mengeluarkan tanah dasar tambak yang berwrna hitam dan berbau busuk, dan mengisolasi daerah yang sedang terserang penyakit. Udang yang terserang perlu segera dilakukan tindakan pemusnahan dengan jalan pembakaran dan penguburan agar tidak menjadi sumber infeksi.
Dapat pula ditempuh melalui peningkatan laju pemulihan selera makan, yaitu hendaknya udang diberi pakan berupa diet dengan nomor grade pakan yang satu tingkat lebih rendahserta berkondisi baik.

3. Penyakit kepala kuning (Yellow Head Disease)
Penyebab : Virus YHV (Yellow Head Baculo Virus)
Gejala Klinis : Warna tubuh udang pucat, insang dan hepatopankreas berwarna kekuningan. Gejala klinis tersebut pada umumnya mulai tampak antara 50-70 hari setelah penebaran udang di tambak. Nafsu makan udang mula-mula meningkat dalam beberapa hari kemudian berhenti sama sekali.


Visit : Kliping Dunia Ikan dan Mancing
Download Artikel ini

No Response to "Penyakit Utama Penyebab Kematian Udang"

Leave A Reply